Sabtu, 06 Oktober 2012

Constructor, Overloading Method dan Construcor


Constructor adalah method dimana seluruh inisialisasi object ditempatkan.
Berikut ini adalah property dari Constructor :
  1. Constructor memiliki nama yang sama dengan class
  2. Sebuah Constructor mirip dengan
  3. method pada umumnya, namun hanya informasi-informasi berikut yang dapat ditempatkan pada header sebuah constructor, scope atau identifikasi pengaksesan (misal: public), nama dari konstuktor dan parameter.
  4. Constructor tidak memiliki return value
  5. Constructor tidak dapat dipanggil secara langsung, namun harus dipanggil dengan menggunakan operator new pada pembentukan sebuah class.

Overloading construktor adalah construktor yang terdiri dari dua atau lebih dalam satu class namun mempunyai fungsi yang berbeda menurut parameter yang digunakan. Syarat overloading constructor adalah fungsi dari constructor-constructor tersebut tidak sama. Fungsi yang dimaksud adalah untuk membedakan method seperti nama method, jumlah parameter, tipe data, dan return value.

Overloading method adalah kemampuan untuk membuat method dengan nama yang sama namun mempunyai fungsi yang berbeda menurut parameter yang digunakan. Overloading method mengijinkan sebuah method dengan nama yang sama namun memiliki parameter yang berbeda sehingga mempunyai implementasi dan return value yang berbeda pula. Daripada memberikan nama yang berbeda pada setiap pembuatan method, overloading method dapat digunakan pada operasi yang sama namun berbeda dalam implementasinya.